Acara sosialisasi yang di buka oleh wakil kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, yang dilaksanakan di Gedung Sarwo Migunani Desa Trasan Kabupaten Magelang pada tanggal 25-27 Juni 2019. Selain itu acara ini juga di hadiri oleh Seluruh perangkat Desa Trasan, Tokoh Masyarakat, Kader, Dinas Kesehatan dari Puskesmas Bandongan, Karang Taruna dan komunitas penggiat penanggulangan bencana, kalangan dunia usaha, dan tamu undangan lainya. 

Dalam sambutanya Wakil Kepala BPD Kabupaten Magelang menegaskan bahwa gambaran tren bencana kedepan juga akan cenderung meningkat karena pengaruh beberapa faktor, seperti meingkatkanya jumlah penduduk, urbanisasi, degradasi lingkungan, kemiskinan dan pengaruh perubahan iklim global. 

Maksud diadakannya kegiatan simulasi ini adalah sebagai berikut:

1. Memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai kesiapsiagaan kebencanaan baik di tingkat masyarakat maupun pemerintahan desa/kelurahan.

2. Mendorong peningkatan kapasitas warga dan pemerintah desa/kelurahan dalam melakukan tindakan antisipatif menghadapi bencana

3. Memberikan keterampilan masyarakat dan pemerintahan desa/kelurahan dalam menghadapi bencana

4. Menguji fungsi komponen insfrastruktur lingkungan permukiman yang telah terbangun melalui Kegiatan PRB-BK

Tujuan

1. Masyarakat dan aparat pemerintahan desa/kelurahan mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai kesiapsiagaan kebencanaan

2. Masyarakat dan pemerintahan desa/kelurahan mempunyai kapasitas yang lebih memadai dalam menghadapi bencana

3. Masyarakat dan pemerintahan desa/kelurahan mempunyai ketrampilan dalam menghadapi bencana

4. Komponen infrastruktur berfungsi sebagai bagian dari upaya pengurangan risiko bencana