<iframe frameborder="0" src="//www.youtube.com/embed/1jDPKF-iVHg" width="640" height="360" class="note-video-clip"></iframe>

https://desatrasan.magelangkab.go.id/First
- Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau maulid nabi merupakan sebuah momentum untuk mempertebal ketaqwaan dalam diri kita. Maulid nabi jatuh pada setiap 12 Rabiul Awal kalender Hijriah atau tepatkan akan kita peringati pada hari Sabtu, 9 November 2019.
Perayaan Maulid Nabi Muhammad dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Salah satunya yang berada di Desa Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Dengan berbagai kesenian musik islami, kirab budaya, khitan masal dan berbagai jenis perlombaan lain salah satu ciri khas tradisi yang harus dipertahankan.
Dalam sambutanya Bp. Ky.H. Asyhuri Abdul Hadi selaku imam masjid Baittul Muttaqiin (masjid patilasan wali) perayaan maulid Nabi Muhammad SAW Desa Trasan bemula dari simbah Ky. Asyrof yang tidak lepas dari sejarah berdirinya Masjid Baittul Muttaqiin, yang mana dahulunya sebgai tempat pamijahan salah satu wali sembilan (wali songo) yaitu sunan kali jogo yang kemudian masjid tersebut dipimpin oleh Simbah Ky. Abdul Tras selaku imam pertama di masjid Baittul Muttaqiin. beliau putra dari Alm.Simbah Ky. Abdul Khalim setelah beliau wafat Imam masjid diteruskan simbah Ky.Abdullah Juwahir putra dari Nawangsih dan Jaka Tarub salah satu warisan leluhur yang masih dimanfaatkan yaitu sungai aji (kali aji) dibuat hanya dengan kekuatan tongkat beliau ditarik sejauh ± 3km guna irigasi area persawahan. setelah beliau wafat, imam besar masjid Baittul Muttaqiin dilanjutkan Simbah Ky. Achmad Badarudin dan Simbah Ky. Asyrof Beliau lahir pada tahun 1773 menetap di Desa Trasan tahun 1830an dan wafat pada tahun 1922. Kemudian dilanjutkan Simbah Ky. Zuhri dan Simbah Ky. Sya'roni selaku pewaris sejarah dan awal mula tahun 1978 peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diperkuat kegiatan khitan bersama warga masyarakat. Pukul 07.15 waktu setempat, diadakan do'a bersama warga masyarakat desa trasan, segenap peserta dan wali khitan untuk bermunajat kepada Allah SWT semoga dalam acara nantinya berjalan lancar tanpa suatu halangan apa. usai kegiatan doa'a bersama seluruh warga trasan dan peserta khitan menjalani kirab pukul 08.10 sampai 09.40 menuju Masjid Baittul Muttaqiin. dalam sambutannya Drs. Bagawat Gita selaku Kepala Desa Trasan memberikan pesan kepada peserta khitan semoga kaliyan semua menjadi anak-anak yang berbakti kepada orang tua, agama, nusa dan bangsa. setelah pembukaan selesai, peserta khitan dibawa menuju aula Pondok Pesantren Al-Asyrof untuk pendaftaran ulang dan khitan bersama. seluruh rangkaian kegiatan ini berlangsung sampai sore hari (admin web).