Mahasiswa UMMagelang Program Study Keperawatan Tingkat I melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sejumlah mahasiswa KKN yang didampingi Dosen pembimbing Ns. Sodiq Kamal, S.Kep., Ms.c mendatangi kantor Pemerintah Desa Trasan untuk meminta ijin bahwa pelaksanaan program KKN bertempat di Desa Trasan. Kepala Desa Trasan Drs. Bagawat Gita menanggapi dengan senang hati menerima kunjungan adik-adik KKN untuk bisa memberikan ilmu yang bermanfaat kepada warga masyarakat kami, terlebih soal kesehatan. Dengan berbagai pertimbangan dan kebutuhan yang nanti akan dijalankan, Kepala Desa Trasan memutuskan bahwa pusat pelaksana kegiatan di wilayah Dusun Sengon RT 04 RW 03 Desa Trasan. 
Pada kelanjutan kunjungan, tim KKN menemui Bapak Kepala Dusun Sengon untuk meminta ijin melaksanakan program yang sudah ditetapkan yakni sosialisasi tentang perilaku hidup bersih sehat atau PHBS. Ketua KKN saudara M. miftahul Surur dengan beberapa anggota Atika Widiastuti, Desti Mayawati dan Fajar Nirrahmanto memaparkan bahwa nantinya ada berbagai kegiatan yang dilakukan ditingkat Kader, sekolah dan masyarakat umum.
Di tempat Ibu Aswiyah, sabtu (08/02/2020) sejumlah kader posyandu yang tergabung kader PKK mengikuti arahan yang disampaikan tim KKN tentang pelaksanaan hidup bersih bagi diri sendiri maupun keluarga. Dikesempatan kedua, tim KKN berkunjung ke POS PAUD Tumbuh Harapan. Pada sosialisasi kali ini para KKN mengajak wali murid dan siswa siswinya belajar cara cuci tangan yang baik dan benar para murid sangat antusias mengikuti arahan yang diajarkan. 
Di tempat mushola Al Barokah, Sabtu (14/02/2020) teman-teman KKN menghadirkan masyarakat dari unsur Babinsa, kelompok tani, masyarakat umum dan pelaku ODF atau dalam istilah umumnya buang air besar sembarangan yang mana dalam tinjauan tim KKN selama ini melihat tempat pembuangan langsung ke aliran kali jauh dari kata standar. Melihat dari sisi lain air untuk membersihkan pun dari aliran sungai yang sama hal semacam ini patut kita pikirkan bersama setidaknya dengan meminimalkan kualitas yang keruh menjadi lebih baik. Melihat dari bak kontrol/bak penampung ada sedikit upaya bantuan dari teman-teman KKN untuk membuatkan sekat yang nantinya sebagai penyaring. Komponen yang digunakan batu split, pasir, arang dan ijuk. Dengan dibuatkan semacam itu, kualitas air akan lebih baik. (Adm)