Polres Magelang Kota Polda jawa tengah melaksanakan giat di Dusun Sengon Desa Trasan kecamatan Bandongan Sebagai Kampung Tangguh Nusantara Candi dalam upaya mencegah dan memutus rantai penularan virus corona/covid19 berbasiskan keamanan dan ekonomi. <22>
Kegiatan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi ini Polres Magelang Kota bekerjasama dengan Kodim 0705 Magelang dan Pemerintah Kabupaten Magelang yang dihadiri Kapolres AKBP Nugroho Ari Setyawan, S.I.K,.M.M,.C.F.E., beserta beberapa pejabat utama Polres Magelang Kota, Dandim 0705 Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto, S.Sos. dan  Bupati Magelang Zaenal Arifin. SIP.,  Kapolsek Bandongan AKP Sukardiyana, Danramil Bandongan Kapten Winarya, Camat Bandongan Budi Daryanto, S.STP, MSi., Kepala Puskesmas Bandongan, beberapa Kepala dinas pemerintah kabupaten Magelang, Kades Trasan beserta perangkat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Trasan, Ketua RW dan Ketua RT serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Dusun Sengon.

Kapolres AKBP Nugroho Ari Setyawan, S.I.K,.M.M,.C.F.E., mengatakan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi di dusun Sengon Desa Trasan merupakan rangkaian kegiatan terutama  dalam rangka penanggulangan covid19 maupun dampaknya khususnya dampak ekonomi, bagaimana memulihkan ekonomi selama 3 bulan kita menghadapi covid19” kata Kapolres.

Terkait keamanan Kemanan beberapa waktu covid19 ternyata juga berdampak sosial dengan adanya konflik masyarakat yang terjadi di Trasan. Dan bisa di selesaikan Kapolsek dan danramil Bandongan. tetapi dengan sangat terpaksa ada yang diproses pidana saat melakukan pengeroyokan terhadap warga. Selain itu, ia juga mengatakan bersama dengan Dandim 0705 Magelang juga mengunjungi Napi asimilasi dengan harapan supaya tidak mengulangi kejahatan dan untuk menguatkan mental mereka. dengan adanya pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi harapanya kita bisa mendesiminasi keinginan masyarakat terkait keamanan. “jadi kampung tangguh selain upaya mendokrak ekonomi rakyat juga menjaga keamanan.” Akhir sambutan kapolres.

Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin. S.I.P. mengatakan apa yang dilakukan Kapolres Magelang kota dan Dandim dijajaran TNI dan kepolisian merupakan era mengisi kemerdekaan. “Pada situasi saat ini ada pandemi covid19, Saran pak Dandim, harus ada pengecekan suhu tubuh, harus memapakai masker, dininfektasi harus dilakukan secara berkala, menjaga jaga jarak saat beraktifitas dan menghindari kerumunan” kata Zaenal Arifin. S.I.P.

Ia juga menjelaskan bahwa virus corona/19 Vaksinnya belum diketemukan. maka pada persiapan menuju new normal ini semunya tadi harus dilakukan supaya kita selamat. ini adalah ujian dari Allah SWT dan kita harus menjalani juga juga wajib  berikhtiar. Apa yang disampaikan Kapolres dan Dandim harus dilakukan dengan sebaik baiknya. Bagaimana semangat kapolres dan dandim mengisi kemerdekaan. Kalau kita dalam situasi yang aman dan kondusif tentunya kita akan melakukan apapun enak, ada kekurangan bisa gotong royong dan ini akan dikembangkan lagi dalam bergotong royong membangun wilayah. “kepada Bapak Kapolres dan Bapak Dandim, Atas nama pemerintah saya mengucapkan terima kasih, Apa yang dilakukan jajaran kepolisian, TNI dan seluruh relawan harus kita lakukan disemua lini agar memudahkan kita untuk menebarkan rasa aman dan nyaman di kabupaten Magelang” akhir kata sambut Bupati Magelang.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0705 Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto, S.Sos. mengatakan selaku Aparat keamanan dari Kodam IV/ Diponegoro sangat bangga. “kita bangga dapat hadir di tengah – tengah kegiatan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi yang berbasiskan keamanan dan ekonomi di Dusun Sengon” kata Dandim.

Ia juga mengatakan tidak lama lagi Kepolisian Negara Republik Indonesia  akan memperingati hari jadinya ke 74. “semoga kedepan untuk Polri dapat lebih baik lebih profesional dan tangguh” do’anya kepada Polri yang akan memperingari hari Bhayangkara Ke 74 tahun 2020 pada tanggal 1 Juli mendatang.
           Silahkan klik link video ini

Masalah keamanan bukan milik TNI atau Polri akan tetapi milik masyarakat semuanya, karena masyarakat yang terutama untuk berbondong – bondong dan bersama – sama untuk menjaga ketertiban keamanan. Semoga kedepan kita dapat bekerja lebih baik,dengan adanya wabah covid 19 yang sekarang melanda wilayah kita ini,kita harus tetap bekerja tetapi kita tetap melaksanakan pencegahan prosedur covid19. “Kita bersyukur dari polri telah memberikan bantuan untuk masyarakat  Dusun Sengon, semoga apa yang diberikan oleh Polri berguna untuk masyarakat” tambahnya.