Desa Trasan - Bertempat di Gedung Sarwomigunani Desa Trasan Kecamatan Bandongan pada hari Senin <5/4) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan Pemutakhiran Data IDM berbasis SDGs.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Desa Trasan Drs. Bagawat Gita, Tenaga Ahli, Pendamping desa pemberdayaan kecamatan, pendamping lokal desa, Perangkat desa, Kepala dusun, KPMD, LPMD dan berbagai unsur RT RW.

Sosialisasi Pemutakhiran Data ini merupakan Sosialisasi pelaksanaan pendataan desa berbasis SDGs yang merupakan program pemerintah pusat di mana pendataan dimulai di tingkat RT hingga ke desa, sehingga lahirlah status desa melalui indeks Desa membangun (IDM) yang merupakan tolak ukur status desa ke depan di mana dibentuk relawan desa atau Pokja sebagai pelaksana kegiatan ini.

Dalam Arahannya, mengharapkan agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan yang direncanakan, dimana pendataan ini dinilai sangat penting untuk masyarakat sebagai bentuk pemutakhiran data.

"Mari kita sukseskan Pendataan SDGs desa mulai dari level Desa, RT, per KK dan Individu agar semua warga lebih cepat mendapatkan Informasi dan lebih cepat bergerak dan mendapatkan hasil sesuai yang di inginkan".

Sementara itu, Kepala Desa Trasan Drs. Bagawat Gita dalam arahannya menjelaskan bahwa SDGs Desa adalah salah satu konsep pembangunan yang bisa dijadikan untuk menggali, mengukur, mencari berbagai permasalahan yang kadangkala Kepala Desa tidak sadar bahwa desanya memiliki masalah. "Sehingga melalui SDGs ini bisa menjadi tolak ukur pemerintah Desa dalam menggali informasi yang terjadi khususnya di Desa Trasan ini" Ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Tahun ini pemerintah desa lebih fokus pada bentuk implementasi SDGs Desa agar arah pembangunan desa khususnya Desa Trasab betul-betul fokus pada berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Desa.