Dalam kegiatan keagamaan Gerakan Pemuda Ansor Ranting Trasan setiap selapan (35 hari) diantaranya mengadakan serangkaian pengajian ahad kliwon (minggu kliwon, penanggalan jawa) dan mujahadah malam jumat pahing di makam cangkiran hal tersebut merupakan upaya pendekatan diri kepada sang pencipta dan juga menjaga budaya islam yang pernah dilakukan para Kyai pendahulu.

Setiap kegiatan yang dijalani GP Ansor Trasan selama ini, banyak masukan dari anggota yang menginginkan perombakan strukur kepengurusan demi meningkatkan aspek keloyalan terhadap agenda NU baik yang ada di tingkat ranting maupun anak cabang.

Jum'at, 22/11/2019 melaksanakan agenda mujahadah di makam cangkiran yang diikuti kelompok pemuda ansor dan berbagai element masyarakat desa Trasan, pelaksanaan dimulai pukul 20.30-21.30. agenda berikutnya pembahasan mengenai rencana perombakan struktur GP Ansor Ranting Trasan dilaksakan ditempat yang berbeda yaitu Aula Pondok Pesantren Al-Asyrof. Acara dimulai pukul 22.30 oleh pembagi waktu saudara Wiwik Bin Sobari. Susunan acara pertama sambutan ketua periode 2017-2019 saudara Musa yang mana beliau berhalangan hadir dan terwakilkan saudara Ust.Muhammad Taufiq. Beliau menuturkan bahwa selama ini kegiatan kelompok pemuda ansor Trasan masih berjalan meski kurang greget. Dan dari keterwakilan periode sebelumnya pamit sekaligus menyampaikan permohonan maaf apabila dalam internal ansor belum bisa berjalan secara optimal.

Penentuan ketua periode 2019-2021 dipimpin langsung oleh Gus Mughni Labib selaku ketua PAC Rijalul Ansor Kecamatan Bandongan. Beliau menyampaikan dari acuan ADART syarat menjadi ketua tergabung sebagai anggota ranting, pernah menjalankan diklat/PKD. Akan tetapi acuan tersebut tidak bersifat mutlak yang terpenting mampu membawa Ansor ke arah lebih baik bermanfaat bagi internal organisasi maupun masyarakat luar. Ditunjuk 3 kandidat untuk menduduki jabatan sebagai ketua Rijalul Ansor atau disebut sebagai pemuda ansor menaungi dibidang ahli dzikir, Ansor disebut sebagai barisan pemuda yang bergerak sebagai kemaslakhatan secara umum dan Satkorkel disebut sebagai pemuda keamanan. Penunjukan dan disepakati oleh semua peserta yang hadir, bahwa saudara: 

1. M.Hidayat sebagai ketua Rijalul Ansor,

2. Agus Mustaqim sebagai ketua Ansor,

3. Miftakhul Surur sebagai ketua Satkorkel.

dan alhamdulillah atas ijin Allah SWT, pelaksaan reorganisasi ini berjalan dengan baik dan lancar. Untuk pengisian jabatan yang lain akan dilaksanakan dikemudian hari.mengingat peserta yang hadir belum mencakupi semua Dusun di wilayah Desa Trasan.

Pada akhir acara, Gus Labib memberikan tambahan informasi bahwa hari Jum'at tanggal 30 Nopember 2019 pukul 20.00 Ranting Trasan selaku tuan rumah akan ada selapanan Rijalul Ansor seKecamatan Bandongan. Dihadiri Kh. Kholison Syafi'i, SH selaku instruktur PKPNU pusat. Acara tersebut dihadiri pengurus pemuda ansor dan masyarakat sekitar. (admin)