SEGERA LUNASI PBB 2021 SEBELUM JATUH TEMPO 30 NOPEMBER INGAAAT SEKARANG ADA DENDA YA BOSSS
IMG-LOGO
BERITA DESA

Olahan Buah Mengkudu sebagai Ransum Itik

Create By admin 07 April 2021 10 Views
IMG
Mahasiswa Program Studi Penyuluhan Peternakan Kesejahteraan Hewan Jurusan Peternakan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang melakukan kunjungan ke salah satu kelompok ternak itik Bina Karya Dusun Sindon Desa Trasan Kecamatan Bandongan tepatnya di kediaman Bapak Abdul Yusuf.

kunjungan mahasiswa terkait riset Buah Mengkudu diolah sebagai ransum itik, dari kajian yang didapat buah mengkudu ternyata mengandung vitamin, mineral, asam amino,  peptida dan enzim. Selain itu sari buah mengkudu memiliki sifat anti inklamasi untuk mencegah peradangan. 

Cara pengolahannya cukup mempersiapkan alat pemotong (pisau), saringan dan mesin penggiling. Proses pertama penyortiran buah mengkudu yang sudah masak dengan diameter 3.3-5cm dan bobot 30-180gr setelah penyortiran selesai, semua buah mengkudu dibersihkan dengan cara dicuci dan membuang bagian yang busuk (apabila didapati buah kualitas jelek).  Proses selanjutnya pemotongan buah dengan ukuran kisaran 1cm dan dijemur dibawah sinar matari langsung kurun waktu 3-5 hari.  Apabila penjemurasan dirasa sudah kering tahap berikutnya digiling (blender) dan di saring seperti halnya bentuk tepung tapioka pada umumnnya. 

96,8 FM Radio Gemilang