Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

Peluncuran APlikasi Api Menoreh

Create By Admin Pemerintah Desa Trasan 31 July 2023 152 Views
IMG

BERITAMAGELANG.ID- Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melaunching Aplikasi Mengurus Dokumen Kependudukan Ora Ribet Gratis Tur Pekolah (Api Menoreh). Aplikasi tersebut dilaunching oleh Bupati Magelang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto secara Daring dari Ruang Command Center Pusaka Gemilang, Jumat (28/7/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Disdukcapil Kabupaten Magelang beserta jajarannya yang telah menginisiasi aplikasi Api Menoreh tersebut.

Menurutnya, layanan administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini mempunyai peran penting dalam melakukan pencatatan sejak seseorang lahir ke dunia, sampai dengan orang tersebut meninggal dunia.

"Layanan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dengan memanfaatkan teknologi melalui layanan online, sehingga masyarakat desa dapat mengakses layanan kependudukan secara mudah, cepat, dan efisien," kata Adi saat melaunching aplikasi Api Menoreh.

Lebih lanjut Adi menekankan, agar Disdukcapil Kabupaten Magelang segera melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pelayanan penerbitan dokumen kependudukan melalui inovasi Api Menoreh.

"Inovasi yang telah dirancang tidak akan ada artinya apabila masyarakat sebagai subyek dari inovasi tidak memanfaatkannya. Lakukan juga evaluasi dan penyempurnaan secara berkala dalam pelaksanaan inovasi aplikasi Api Menoreh ini guna memperoleh hasil yang maksimal," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Adi berharap setelah kegiatan launching ini, seluruh OPD juga tetap meningkatkan kualitas kinerjanya guna mencapai target yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Magelang, Anta Budi melaporkan bahwa aplikasi Api Menoreh ini merupakan pengembangan atau upgrading dari aplikasi pelayanan online sebelumnya yang berbasis Whatsapps bot. Aplikasi Api Menoreh juga didukung sepenuhnya oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang dalam pengembangannya.

"Kedepan Api Menoreh juga akan dikembangkan untuk pelayanan administrasi kependudukan bagi instansi yang bekerjasama dengan Disdukcapil, khususnya untuk penerbitan akte kelahiran seperti rumah sakit, puskesmas serta klinik bersalin dalam usaha untuk membuka titik pelayanan yang lebih luas dengan tujuan untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Magelang," papar, Anta Budi.